1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
1.1 Nama Sekolah : SMP N I Palembayan
1.2 Kelas/Semester : VII/1
1.3 Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
1.4 Tahun pelajaran : 2011-2012
1.5 Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan(2x40 menit)
2. Standar Kompetensi: Menulis
Mengungkapkan makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk deskriptif dan procedure dan untuk berinteraksidengan lingkungan terdekat.
3. KOMPETENSI DASAR.
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk deskriptif dan procedure .
4. INDIKATOR
4.5 Melengkapi teks deskriptif
4.6 Menyusun alinea menjadi teks deskriptif
4.7 Menulis teks sederhana berbentuk deskriptif
5. MATERI PEMBELAJARAN
Teks Deskriptif
Kosakata terkait
6. METODE PEMBELAJARAN
Three Phase Technique
7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan
- Salam/tegur sapa
- Siswa diminta menerka gambar yang akan diperlihatkan guru
( I have a picture, guess please ! What picture is this? )
- Guru memperlihatkan gambar tersebut sambil memberikan pertanyaan
What can you see in this picture ?
What room can we find in this house ?
What can we find in this room ?(dining room) (living room )
- Guru memberikan tugas 1(Let’s Talk grade VII on page 139 part D)
- Siswa mengerjakan tugas
- Guru dan siswa mendiskusikan jawaban yang peroleh.
- Siswa mengulang kata yang dibacakan guru
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Guru memberikan tugas II ( esbuah teks rumpang )
- Siswa melengkapi teks rumpang dengan kata yang diberikan( in pairs)
- Guru dan siswa mendiskusikan jawaban mereka
Elaborasi
- Guru memberikan pertanyaan
- Siswa disuruh memahami pertanyaan tersebut
- Guru membagikan teks dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan(10 menits) 9 individually)
- Siswa menulis jawaban di papan tulis
- Guru bersama siswa mendiskusikan jawaban
Konfirmasi
- Guru menjelaskan kembali tentang teks deskrptif beserta generic struktur nya.
Kegiatan Penutup
- Guru meminta siswa menuliskan sebuah teks berbentuk deskriptif (individually)
8. Sumber dan media pembelajaran
Sumber : Let’s Talk dan English in Focus kelas VII
Media : gambar yang relevan dengan topic
9. Penilaian
Teknik Tes tulis
Bentuk : Teks Deskriptif
Instrument :Buatlah sebuah teks yang berbentuk Deskriptif
Pedoman penilaian
No | Aspek yang dinilai | skor | Keterangan |
1 | Tata Bahasa | 8 7 6 | Tepat Kurang Tepat Tidak Tepat |
2 | Tanda Baca | 8 7 6 | Semua benar Setengah benar Kurang dari setengah benar |
3 | Penyampaian ide | 8 7 6 | Mudah dipahami Agak sulit dipahami Sulit dipahami |
Nilai : jumlah skor x 10
aspek
Mengetahui Guru mata pelajaran
ZULFIMAR,S.Pd SALMA YONI,S.Pd
NIP.19601227 198301 1 001 NIP.19661022 198903 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar