Kamis, 29 September 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.     IDENTITAS MATA PELAJARAN
1.1 Nama Sekolah               : SMP N I Palembayan
1.2 Kelas/Semester             : VII/1
1.3 Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
1.4 Tahun pelajaran              : 2011-2012
1.5  Jumlah Pertemuan         : 1 x pertemuan(2x40 menit)

2.     Standar Kompetensi: Menulis
Mengungkapkan  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk deskriptif dan procedure dan  untuk berinteraksidengan lingkungan terdekat.

3.     KOMPETENSI DASAR.
Mengungkapkan  makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis  secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk deskriptif dan procedure .

4.     INDIKATOR
4.5  Melengkapi teks deskriptif
4.6  Menyusun alinea menjadi teks deskriptif
4.7  Menulis teks sederhana berbentuk deskriptif

5.     MATERI PEMBELAJARAN
Teks Deskriptif
Kosakata  terkait
6.     METODE PEMBELAJARAN
Three  Phase Technique
7.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A.    Pendahuluan
-          Salam/tegur sapa
-          Siswa diminta menerka gambar yang akan diperlihatkan guru
( I have a picture, guess please ! What picture is this? )
-          Guru memperlihatkan gambar tersebut sambil memberikan pertanyaan
What can you see in this picture ?
What room can we find in this house ?
What can we find in this room ?(dining room) (living room )
-          Guru memberikan tugas 1(Let’s Talk grade VII on page 139 part D)
-          Siswa mengerjakan tugas
-          Guru dan siswa mendiskusikan jawaban yang peroleh.
-          Siswa mengulang kata yang dibacakan guru

      Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru memberikan tugas II ( esbuah teks rumpang )
-          Siswa melengkapi teks rumpang dengan kata yang diberikan( in pairs)
-          Guru dan siswa mendiskusikan jawaban mereka

Elaborasi
-          Guru memberikan pertanyaan
-          Siswa disuruh memahami pertanyaan tersebut
-          Guru membagikan teks dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan(10 menits) 9 individually)
-          Siswa menulis jawaban di papan tulis
-          Guru bersama siswa mendiskusikan jawaban

Konfirmasi
-          Guru menjelaskan kembali tentang teks deskrptif  beserta generic struktur nya.
   Kegiatan Penutup
-          Guru meminta siswa menuliskan sebuah teks berbentuk deskriptif (individually)
8.     Sumber dan media pembelajaran
            Sumber : Let’s Talk dan English in Focus kelas VII
            Media   : gambar yang relevan dengan topic
9.     Penilaian
Teknik         Tes tulis
Bentuk        : Teks Deskriptif
Instrument   :Buatlah sebuah teks yang berbentuk Deskriptif
Pedoman penilaian
No
Aspek yang dinilai
skor
Keterangan

1

Tata Bahasa
8
7
6
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat

2

Tanda Baca
8
7
6
Semua benar
Setengah benar
Kurang dari setengah benar

3

Penyampaian ide
8
7
6
Mudah dipahami
Agak sulit dipahami
Sulit dipahami

Nilai            : jumlah skor x 10

                               aspek

Mengetahui                                                                               Guru mata pelajaran


ZULFIMAR,S.Pd                                                                        SALMA YONI,S.Pd
NIP.19601227 198301 1 001                                                       NIP.19661022 198903 2 003



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar